Menjadi Karyawan Yang Peka Di Kantor

Isu pergantian bos, pindahnya salah seorang karyawan atau isu-isu lainnya tentu menjadi gosip paling hangat. Digunjingkan, dibincangkan, maupun didiskusikan. Saya ingin bertanya ke Anda, Apakah selama ini Anda selalu ketinggalan berita di kantor? Misalnya Anda belum tahu soal pindahnya rekan Anda atau kepala bagian divisi SDM. Bahkan, Anda mungkin sama sekali tidak tahu kalau perusahaan sebentar lagi bangkrut.

Di antara rekan kerja, Anda mungkin ditertawakan karena cepat mendapat gosip paling hot tersebut. Dan kurang tahunya Anda membuat Anda tampak ganjil di tengah rekan-rekan kantor Anda. Kalau sedikit-sedikit Anda bilang, “Kok saya nggak tahu ya…?” mengesankan Anda kurang gaul dengan lingkungan sekitar Anda. Dan, bagi Anda yang selalu tidak thau informasi-informasi hangat di kantor, menandakan bahwa Anda kurang tanggap dan kurang peka terhadap lingkungan. Anda juga sulit mendeteksi situasi di lingkungan Anda.

Parahnya, Anda yang bertipe seperti ini terkadang juga tidak sadar kalau bos sedang marah. Bahkan Anda juga tidak sadar kalau rekan kerja lagi tidak ‘mood’ bicara dengannya.

Makanya, Anda harus banyak bertanya dan minta advis pada teman yang Anda percaya. Mintalah masukan dan saran dari teman dekat Anda agar Anda selalu ‘tune in’ dengan lingkungan. Dengarkan semua kritik tentang kekurangan Anda yang satu ini.

David J Lieberman, penulis buku Instant Analysis mengatakan, “Jangan takut mengajukan pertanyaan serius tentang apa yang terjadi di lingkungan Anda, meskipun jawabannya akan memusingkan kepala Anda. Karena dengan demikian, setidaknya Anda akan menyadari situasi seperti apa yang sedang Anda hadapi saat ini”.

Masih menurut David J. Lieberman, agar Anda menjadi orang yang peka terhadap lingkungan, Anda harus selalu siap menangkap ‘sinyal’ penting walaupun tanpa kata-kata. Misalnya jika Anda sedang bicara di ruangan bos kemudian ia memundurkan kursinya ke belakang, berarti ia ingin menyudahi pembicaraan dengan Anda.

Atau ketika Anda masuk ke ruangan bos, ia masih tidak mengalihkan pandangannya dari tumpukan kertas di mejanya, berarti ia sedang sibuk berat dan tidak mau diganggu. Selebihnya Anda harus pasang mata dan telinga lebar-lebar terhadap segala bentuk informasi yang berkembang di kantor. Dengarkan semua kabar, informasi, dan gosip yang berkembang di kantor. Sehingga Anda tidak akan menjadi orang yang selalu ketinggalan berita. Jangan lupa bina hubungan baik dengan semua rekan-rekan di kantor.

Ternyata mudah, bukan? Tinggal Anda melaksanakan dan Anda pun menjadi orang “peka” di kantor. Selamat mencoba dan sukses untuk Anda!

Sumber : GloriaNet

%d blogger menyukai ini: