Fase Perjalanan Karir Profesional

api tahukah Anda bahwa dalam perjalanan setiap profesional akan melewati ketiga fase? Bila Anda mampu menjalankannya dengan baik, maka keberhasilan akan Anda raih. Namun jika tidak, kegagalan lah yang akan Anda rasakan. Pakar karir, Andrew Mayo mengungkapkan ada tiga fase dalam perjalanan karir seseorang. Ketiga fase tersebut adalah:

Discovery phase
Pada fase ini, seseorang akan beradaptasi dengan dunia kerja, berupaya untuk mengenali kemampuan dirinya, belajar tentang dunia kerja dari berbagai pihak, dan mulai memperoleh pengalaman. Fase ini biasanya berlangsung sekitar sepuluh tahun pertama dalam dunia kerja. Pada fase pencarian inilah seseorang mulai untuk menentukan arah karirnya di masa depan.

Consolidation phase
Fase ini biasanya berlangsung pada usia 30 sampai dengan 50 tahun pada perjalanan karir seseorang. Tetapi ada pula yang memulai fase ini lebih awal, dan ada pula yang terlambat. Demikian pula dengan akhir fase ini, ada yang mengakhirinya lebih awal, dan ada pula yang terlambat. Pada fase ini seseorang mulai menyadari (tetapi juga mungkin gagal untuk menyadari) ambisi dan mengukur kemampuan dirinya. Mereka yang berhasil akan terus melaju, dan sebaliknya mereka yang gagal bersiap untuk mengalami kemandegan bahkan penurunan karir. Pada fase ini pulalah kemapanan karir seseorang dimulai.

Maturity phase
Jika seseorang berhasil melewati fase pertama dan kedua dengan baik, maka pada fase ini dia memiliki akumulasi pengetahuan dan pengalaman yang sangat substansial, dan sangat bermanfaat untuk tempat kerjanya. Sebaliknya, mereka yang gagal melewati fase pertama dan kedua akan kehilangan fleksibelitas, gagal memahami nilai-nilai yang dinamis, tidak mampu mengikuti perubahan lingkungan, dan akan tertinggal.

Nah sudahkah Anda melewati ketiga fase tersebut? Namun pada fase keberapapun Anda kini berada, jangan pernah berhenti untuk menuju fase atau proses selanjutnya. Karena pada dasarnya tidak pernah ada kata selesai untuk menggapai kesusesan. So, semoga karir Anda menjulang…!

Sumber : GloriaNet

%d blogger menyukai ini: