Dunia Kerja: Company Outing, Sehatkan Mental Anda!

Acara ‘Company Outing’ di perusahaan besar seringkali diadakan dalam rangka mengakrabkan dan mempererat tali silahturahmi antar karyawan. Acara ini bisa juga diadakan dalam rangka memperingati moment penting, misalnya ulang tahun perusahaan, merayakan suksesnya akuisisi perusahaan dengan perusahaan lain, ataupun untuk sekedar mempertemukan personil perusahaan mulai dari bos sampai bawahan.

Biasanya dari pucuk pimpinan sampai lini terbawah dilibatkan dalam kegiatan rekreatif semacam ini. Karena itu umumnya acara ini dilakukan di luar jam kantor ataupun hari libur.

Memangnya apa sih company outing itu? Company outing adalah suatu kegiatan di luar jam kantor dengan suasana sosial rekreatif. Acara semacam ini bisa berlangsung di alam terbuka (lapangan), hotel, rumah makan atau café. Masalahnya, selama ini banyak yang mempertanyakan manfaat company outing. Banyak yang merasa tidak perlu menghadiri acara seperti ini dengan alasan malas, lelah, dan buang-buang waktu.

Padahal acara semacam ini seringkali memberikan nuansa berbeda dengan keseharian di kantor. Karena acara ini biasanya dikemas dalam suasana yang lebih rileks dan diisi dengan berbagai acara permainan dan hiburan. Mungkin sebagian dari anda akan bertanya apa manfaat company outing jika orang-orang yang hadir adalah orang-orang yang sama dengan yang anda jumpai di kantor saat bekerja. Jika anda salah satu dari yang mempertanyakan, simak deh ulasan singkat berikut ini.

Pertemuan nonformal seperti ‘company outing’ merupakan pilihan yang cukup bijaksana untuk memerangi rasa stres dan jenuh akibat pekerjaan sehari-hari. Karena umumnya orang dewasa senang bersama-sama dengan orang lain dalam suasana santai rekreatif. Dalam suasana ini anda bisa lebih bebas berbincang-bincang ringan dengan teman, bos, anak buah, ataupun dengan rekan-rekan dari divisi lain.

Percakapan anda dengan rekan dari divisi lain pada acara ini, akan menambah pengetahuan dan wawasan anda tentang bidang mereka. Dengan demikian, anda bisa mengetahui lebih banyak daripada yang anda ketahui dalam keseharian. Bahkan bukan tidak mungkin, acara ini akan membuka jalan bagi pertemanan dan persahabatan baru bagi anda dengan salah satu dari mereka.

Jika anda merasa orang yang tidak atau kurang pandai dalam bergaul di kantor, acara semacam ini bisa menjadi ajang untuk mengasah ketrampilan anda dalam bergaul. Karena dengan bertemu dengan banyak orang, akan memaksa anda untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan mereka. Jika anda kesulitan untuk memulai percakapan, mulailah dari hal-hal yang berkaitan dengan pekerjaan, suasana ‘outing’, hobi, dll.

Dengan melakukan interaksi maupun mengamati cara orang berinteraksi dengan orang lain, tanpa anda sadari anda telah belajar dan memperoleh sesuatu. Dengan tanya jawab ringan yang anda lakukan dengan rekan-rekan, membuat anda mendapatkan banyak informasi. Mulai dari yang berbau gosip, pengetahuan sampai isu-isu tentang kebijakan baru perusahaan. Pendek kata, acara semacam ini membuat anda tidak ketinggalan berita. Bahkan kalau isi pertemuan mengandung bobot pengetahuan umum dan wawasan dunia kerja, maka akan bertambah pula kualitas diri anda secara pribadi maupun profesional. Hal ini belum tentu anda dapatkan jika anda tidak mengikuti kesempatan ‘outing’.

Suasana rileks dan santai dalam pertemuan ini memungkinkan anda lebih bebas untuk berekpresi sekaligus mengamati ekspresi orang lain. Anda bebas ngobrol, melemparkan joke, dan mengemukakan ide. Anda juga bebas mendengar, melihat, dan menikmati suasana yang benar-benar rileks dengan rekan-rekan kantor anda. Hal ini juga akan melatih kepekaan anda terhadap rekan-rekan yang selama ini luput dari perhatian anda. Bahkan acara semacam ini dapat membuka mata anda tentang karakter rekan anda sebenarnya, yang tidak terlihat jika berada dalam suasana kerja yang sibuk dan stres.

Kesimpulannya, suasana yang cukup bebas ini akan membuat anda menjadi ‘manusia kembali’ setelah didera ‘deadline’ atau dikejar-kejar tugas. Dengan demikian, aktivitas semacam ini akan menambah kesehatan mental anda. Nah bagi anda yang ‘malas’ menghadiri acara ini, buktikan manfaatnya dengan menghadirinya. Karena kalau anda tidak pernah ikut serta, bagaimana anda bisa membuktikannya..?

Sumber : GloriaNet

%d blogger menyukai ini: