BEKERJA DENGAN FASILITAS TERBATAS

Di tengah krisis ekonomi masih membelit maka bekerja dengan fasilitas terbatas memang lumrah-lumrah saja. Hal itu disebabkan belanja perusahaan pun sudah mulai dikurangi atau ditekan. Singkatnya penghematan besar-besaran sudah pasti dilakukan.

Pertanyaan kini bagaimana siasat Anda bekerja dengan fasilitas terbatas itu? Berikut Anda simak kiat hemat bekerja dengan fasilitas terbatas itu:

* Peralatan kerja
Penghematan pemakaian peralatan perlu lebih ditekankan agar biaya tidak semakin membengkak. Misalnya komputer, internet, mesin faks, mesin foto kopi dll. Jangan memakainya untuk kepentingan pribadi. Karena pemakaian untuk pribadi terlebih dalam waktu lama hanyalah suatu pemborosan yang tak masuk akal.

* Telepon
Salah satu cara untuk menghemat pemakaian telepon adalah dengan cara menggunakan sistem pemutus hubungan (timer). Dengan cara ini dalam hitungan sekian menit pembicaraan di telepon akan terputus. Agar tidak menimbulkan kesalahpahaman, jika Anda menghubungi klien, informasikan hal ini bahwa pembicaraan akan terputus dalam hitungan menit. Kalaupun telepon di kantor Anda tidak memakai sistem pemutus, biasakan untuk menyusun pembicaraan berdasarkan keperluan. Dan usahakan untuk menghentikan pembicaraan jika semua telah disampaikan. Sehingga pembicaraan tidak akan berkembang lebih jauh.

* Kendaraan
Buatlah jadwal pemakaian kendaraan seefektif mungkin. Misalnya dengan membuat jadwal pengiriman barang dan kunjungan sedemikian rupa. Sehingga pemakaian kendaraan kantor dapat lebih efektif dan optimal. Bicarakan masalah ini pada rekan-rekan di kantor, mungkin saja jadwal kegiatan di luar bisa digabung dengan beberapa rekan lain yang memiliki kepentingan serupa.

* Daur ulang
Kalau memang memungkinkan, peralatan yang biasanya langsung dibuang jika sudah dipakai, kini jangan langsung dibuang. Misalnya disket dan kertas bisa didaur ulang pemakaiannya. Tapi hati-hati jangan sampai pemakaian daur ulang disket menyebabkan hilangnya data yang penting.
Ingat, semua memiliki andil dalam penghematan fasilitas atau sarana di kantor. Karena kelangsungan tempat Anda mencari nafkah bukan tergantung pada satu individu melainkan semua pihak. Jadi, kata kuncinya ya selalu hemat!

Sumber : GloriaNet

%d blogger menyukai ini: