3 Langkah Halau Kebosanan Kerja

Bosan kerja memang sering menghinggapi Anda yang sedang berkarir. Penyebabnya pun beragam. Mungkin saja pekerjaan tersebut sudah tidak lagi menantang dan menjadi suatu rutinitas yang begitu mudah dan cepat diselesaikan. Pernahkah Anda bertanya pada diri sendiri “Apa yang bisa Anda kerjakan selanjutnya?” Anda mulai merasa seperti ‘tidak ada kerjaan’, dan bertambah bodoh.

Sementara itu rekan kerja lainnya mengalami kelebihan beban pekerjaan dan pekerjaan mereka bukanlah bidang yang Anda kuasai. Kalau pun Anda menawarkan bantuan, rekan kerja Anda mungkin bingung untuk memberikannya.

Menghadapi situasi demikian, secara normal Anda tentu merasa ‘tidak enak hati’ dan tidak jarang timbul rasa bersalah, baik pada diri sendiri, rekan kerja, maupun pada perusahaan. Memang Anda bisa saja menyiasati hal ini dengan berpura-pura sibuk, tapi sampai kapan? Bagaimana kalau ketahuan lalu ditegur oleh atasan Anda, bukankah hal ini memalukan? Kalaupun atasan memang mengetahui hal ini tetapi tidak menegur, tetap saja hati nurani kita yang menegur. Jika atasan Anda tahu akan kondisi yang Anda hadapi bisa jadi atasan Anda tersebut memberikan pekerjaan lain yang mungkin bukan bidang yang Anda kuasai dan Anda tidak menyukai pekerjaan tersebut.

Lantas langkah apa yang harus Anda lakukan? Berikut Anda simak 3 langkah yang diperkenalkan e-psikologi:

Langkah positif
Jika Anda merasa sudah sangat nyaman bekerja di perusahaan yang sekarang ini, dan Anda merasa bahwa jika Anda harus pindah kerja berarti harus melalui proses adaptasi lagi, maka langkah terbaik adalah mengembangkan kemampuan diri Anda pada bidang lain sehingga dapat mengerjakan tugas yang diberikan atasan Anda.

Suka atau tidak, Anda pelajari saja semua pekerjaan yang diberikan oleh atasan Anda tersebut. Tentu saja semua itu harus dilakukan dengan pikiran positif bahwa Anda dapat memperkaya keahlian dan kemampuan Anda yang sudah ada, dan akan menjadi nilai tambah bagi diri Anda, jika suatu hari nanti Anda dipromosikan ke jabatan baru atau pada saat Anda melamar pekerjaan di tempat lain.

Jika memang Anda tidak diberikan tugas-tugas tambahan oleh atasan Anda, karena mungkin dia tidak tahu bahwa Anda sedang “tidak ada kerjaan” maka cobalah secara proaktif Anda datang kepada atasan Anda tersebut untuk menjelaskan keadaan yang sedang Anda alami dan cari jalan keluarnya bersama-sama.

Langkah netral
Jika ternyata tugas-tugas Anda memang sudah terselesaikan dengan baik dan Anda masih saja merasa bahwa Anda kurang beban ditambah lagi atasan Anda tidak tahu harus memberikan tugas apa lagi untuk Anda, maka demi menjaga agar Anda tetap mempunyai kegiatan kerja, maka Anda harus senantiasa memberikan bantuan pada rekan lain yang sedang kelebihan beban kerja. Meskipun bidang pekerjaan mereka tidak Anda kuasai, Anda bisa membantu sebagian dari pekerjaan mereka, misalnya administrasi pekerjaan tersebut.

Langkah ekstrim
Bila kedua alternatif di atas tetap tidak memuaskan Anda dan ditambah lagi bahwa Anda merasa mempertahankan pekerjaan yang ada sekarang sudah tidak banyak gunanya karena hanya akan membuat Anda merasa bertambah bodoh dan semakin bodoh, maka itu artinya Anda harus bersiap untuk keluar dan mulai mencari atau melamar pekerjaan diperusahaan lain. Langkah ini harus Anda tempuh sebelum kejenuhan tersebut membuat Anda menjadi stress dan kemudian mengalami depresi.

Bagaimana, apakah saat ini Anda sedang bosan dalam bekerja? Tips di atas dapat membantu Anda dan selamat mencoba!

Sumber : GloriaNet

%d blogger menyukai ini: